Tips dan cara merawat AC mobil dengan mudah dan awet

Perawatan AC mobil yakni bagian utama dalam sebuah mobil untuk menyokong kenyamanan dalam berkendara. Tentunya berkendara dengan mobil akan terasa nyaman seandainya daya kerja penyejuk udara (AC) berprofesi dengan total. Apalagi bagi anda yang hidup di kota-kota besar seperti Jakarta tentunya penyejuk udara (AC) benar-benar diperlukan. Di musim panas, AC akan berperan penting untuk membikin kabin mobil anda akan terasa lebih teduh.

ads
Begitupun ketika musim hujan, AC juga mempunyai peran penting yakni agar membikin kaca mobil tak berkabut. Tentunya berkendara ketika hujan dan membuka kaca tanpa menggunakan AC menjadi hal yang merepotkan sebab air hujan dapat masuk melewati celah-celah jendela. Dengan semacam itu, AC menjadi salah satu bagian penting di dalam mobil.

Namun sayangnya, tak sedikit orang yang selalu mengalami kerusakan pada AC mobil mereka.  paling tak jarang yakni seandainya AC mengeluarkan bau yang tak nikmat maupun  kurang dingin. Sulit-masalah hal yang demikian tentunya benar-benar mengganggu bukan? lebih-lebih lagi seandainya kerusakan pada AC diperkenankan terus menerus tentunya akan membikin banyak kerugian pada mobil anda. Salah satunya yakni pemakaian bahan bakar yang dapat terbuang sia-sia dikarenakan pemakaian AC mobil yang rusak.

Tentunya masalah-masalah diatas tak mau natural pada mobil anda. Demi menyokong kenyamanan anda dalam berkendara, anda harus melaksanakan perawatan AC mobil anda secara terencana  dan rutin.

Berikut sebagian tips perawatan agar AC mobil anda tetap awet dan berprofesi dengan optimal :

1. Menjaga kebersihan dalam mobil

Kebersihan dalam mobil tentu menjadi hal yang benar-benar penting agar menjaga kondisi  dan kerja AC mobil anda tetap optimal, lebih-lebih untuk kebersihan karpet pada bagian depan. Usahakan agar karpet bagian depan mobil anda selalu dalam kondisi yang bersih ketika AC mobil akan dinyalakan. Selain itu pastikan pula untuk membersihkan jok mobil anda secara rutin.

Kotoran pada karpet dan jok dapat terhisap oleh evaporator AC yang nantinya akan menyebabkan tumbuhnya jamur yang  membikin bau yang tak nikmat pada AC mobil anda. Oleh sebab itu benar-benar penting untuk menjaga kebersihan dalam mobil anda untuk menghindari kerusakan pada AC mobil.

2. Kebersihan condensor AC

Pastikan untuk membersihkan condensor AC dengan benar. Condensor berbentuk seperti radiator dan biasanya terletak di depan radiator. Anda dapat menemukannya ketika anda membuka kap mobil anda.Bersihkan condensor AC mobil dengan sistem menyemprotnya dengan menggunakan air yang kencang sehingga kotoran-kotoran yang melekat pada condensor akan terlepas segala.

Selain itu, rutin menjaga kebersihan condensor AC juga dapat menghindari terjadinya pengeroposan pada condensor. Link ini dikarenakan kotoran-kotoran yang terlalu melekat akan mengeras dan menyebabkan korosi pada condensor mobil anda.

Sponsors Kondisi


3. Pemilihan tempat parkir

Mungkin sebagian dari anda linglung mengapa tempat pemilihan parkir berhubungan dengan perawatan AC mobil. Link ini sebab seandainya anda memilih tempat parkir mobil anda yang cukup panas maka akan membikin kondisi mobil juga akan ikut serta panas. Sehingga progres untuk mendinginkan mobil nantinya memerlukan waktu yang lama dan membikin daya kerja AC mobil anda menjadi lebih berat. Usahakan untuk memparkir kan kendaraan anda di tempat yang cukup teduh seandainya anda akan meninggalkan dalam waktu yang lumayan lama.

4. Filter extra fan (kipas)

Pastikan kondisi extra fan yang biasanya berada didepan condensor selalu hidup ketika AC sedang menyala. Filter extra fan yang mati akan menyebabkan resiko kerusakan pada kompresor dan malahan dapat mengakibatkan selang kompresor meledak nantinya.

5. Pemasangan saringan kabin

Usahakan untuk memasang flter kabin pada mobil anda. Terkadang kabin yakni sparepart mobil yang berupa saringan yang berfungsi menyaring debu dan kotoran yang melewati evaporator AC mobil. . Selain itu saringan kabin juga dapat membersihkan udara yang bersirkulasi didalam kabin mobil pada ketika AC mobil menyala.

6. Rutin melaksanakan perawatan

Selain banyak pemilik mobil yang tidak mau melaksanakan perawatan pada AC mobil. Namun seandainya AC mobil bermasalah tentunya ini akan mengganggu kenyamanan anda berkendara dan membikin anda mengeluarkan banyak tarif untuk mengkoreksinya.

Sebaiknya anda melaksanakan perawatan bulanan dengan sistem membersihkan kerak-kerak, karat, debu, kotoran, minyak oil yang terdapat pada coil-coil dan sirip-sirip AC. Anda dapat membersihkan nya dengan menggunakan pembersih yang cukup kuat dan di formulasikan khusus untuk membersihkan bagian-bagian hal yang demikian. Selain itu periksa saringan kabin selama satu bulan atau dua bulan sekali.

Untuk perawatan tahunan, anda perlu untuk mengganti sebagian bagian-bagian di dalam AC mobil seperti Receiver Dryer, Oil Compresor, Services Blower, Evaporator. Selain itu kuras pula condensor dan freon. Dengan melaksanakan perawatan hal yang demikian dengan rutin akan membikin bagian-bagian AC mobil anda menjadi tahan lama dan akan membikin hembusan udara AC mobil jauh lebih segar. (Baca juga: Perawatan Mesin Diesel)

7. Larangan-larangan dalam berkemudi

Pastikan anda tak mengisap rokok selama anda berkendara di dalam mobil anda. Asap rokok akan dapat mengotori evaporator. Nikotin pada rokok akan lengket dan berlendir serta dapat memunculkan bau yang tak nikmat pada mobil anda dan susah untuk dihilangkan.

Sponsors Kondisi


Jangan menurunkan suhu penyejuk udara di dalam mobil anda seandainya anda sedang berkendara dalam kecepatan yang tinggi. Pastikan untuk mematikan AC lebih-lebih dulu sebelum anda menghidupkan mesin mobil anda. Sistem mesin mobil telah stabil, baru anda diperkenankan untuk menghidupkan AC mobil. Kendaraan pula sebaliknya, matikan AC mobil lebih-lebih dulu sebelum anda mematikan mesin mobil anda. (Baca juga: Perhatikan Mengecek Mesin Pada Kendaraan Bekas)

8. Selain Pengharum Kendaraan

Jangan menggunakan pengharum mobil yang kualitas belum jelas. Pengharum mobil abal-abal akan membikin bau pada mobil dan susah untuk dibersihkan. Selain itu jangan menggunakan pengharum mobil yang berbentuk colokan ke grill sebab akan mempunyai resiko patah (Bagus grill pada mobil susah untuk di beli di pasaran). Dan yang terakhir jangan mengendarai mobil dengan kondisi jendela mobil anda terbuka lebar sedangkan AC mobil sedang dinyalakan.

9. Waktu Menyalakan AC Kendaraan 

Sebaiknya anda menyalakan mobil dalam hitungan 2-5 menit lebih-lebih dulu, baru menyalakan acnya. Link ini penting untuk meningkatkan daya kerja Aki agar lebih stabil dalam memberikan tekanan ke ac.

 terbukti mobil anda telah mengalami gejala-gejala yang tak awam seperti AC yang kurang dingin. Lebih baik seandainya anda seketika membawanya ke bengkel-bengkel spesialist AC mobil. Jangan diperkenankan semacam itu saja agar tak mengalami kerusakan yang parah dan akibatnya anda akan mengeluarkan tarif yang lebih tinggi nantinya. Nah itu tadi perihal informasi bagaimana perawatan AC mobil yang benar agar AC mobil anda tetap awet dan berprofesi secara optimal. Semoga dapat menolong anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Membersihkan Evaporator AC Mobil

Cara merawat AC mobil denganbaik dan benar